BERSHADAQAH UNTUK ORANG YG TELAH MENINGGAL APAKAH PAHALA NYA SAMPAI ?

بسم الله الرحمن الرحيم

📜 BERSHADAQAH UNTUK IBU YG TELAH MENINGGAL APAKAH BERMANFAAT ?

Risalah ini asalnya adalah jawaban dari seorang ibu yang bertanya kepada saya, bahwa suaminya ingin berinfaq untuk pembebasan lahan PONPES ShahibulQur’an wasSunnah tapi shadaqah tsb diniatkan untuk Ibu nya yg telah meninggal, apakah bisa ??

Berikut saya terjemahkan naskah fatwa Syaikh Ibnu baaz seorang mufti saidi Arabia yg lalu menanggapi pertanyaan yang serupa.

الصدقة عن الميت مشروعة ومفيدة ونافعة للميت، وقد ثبت في الصحيحين عن النبي ﷺ أنه سئل عن ذلك قال له رجل: «يا رسول الله! إن أمي ماتت أفلها أجر إن تصدقت عنها، قال: نعم فالصدقة تنفع الميت ويرجى للمتصدق مثل الأجر الذي يحصل للميت لأنه محسن متبرع فيرجى له مثل ما بذل كما قال عليه الصلاة والسلام: من دل على خير فله مثل أجر فاعله.

Shadaqah untuk orang yg telah meninggal disyariatkan dan bermanfaat bagi orang yang telah meninggal, sungguh dishahihain (hadits bukhari dan muslim) diriwayatkan dari Nabi shallallahu alayhi wassalam bahwasanya beliau ditanya ttg hal itu (bersedekah untuk orang yang telah meninggal) berkata orang tersebut :

يا رسول الله! إن أمي ماتت أفلها أجر إن تصدقت عنها، قال: نعم

Wahai Rasulullah sesungguhnya Ibu ku telah meninggal apakah baginya pahala jika aku bersedekah untuk nya ? Maka nabi berkata : Na’am(Ya).

Maka shadaqah bermanfaat bagi orang yang telah meninggal dan diharapkan juga untuk yang bersedekah mendapatkan pahala seperti pahala yang didapat oleh orang yang meninggal yg ia bershadaqah atas namanya tsb karena ia adalah orang yg muhsin (berbuat baik) maka diharapkan ia mendapatkan seperti apa yang telah ia lakukan sebagaimana Sabda Nabi shallallahu alayhi wassalam

من دل على خير فله مثل أجر فاعل

Barangsiapa menunjukkan sebuah kebaikan maka baginya pahala seperti pahala pelakunya.

Sumber : https://binbaz.org.sa/fatwas/17230/%D8%A7%D9%84%D8%B5%D8%AF%D9%82%D8%A9-%D9%85%D9%81%D9%8A%D8%AF%D8%A9-%D9%84%D9%84%D9%85%D9%8A%D8%AA-%D9%88%D8%A7%D9%84%D9%85%D8%AA%D8%B5%D8%AF%D9%82

Info & konfirmasi infaq pembebasan tanah untuk PONPES ShahibulQur’an wasSunnah : wa.me/6281218155018
•┈┈•
26 Ramadhan 1443H / 28 April 2022

🖋️ Ibnu syakiyakirtiy
🌐 Ma’had Shahibul Qur’an Bukittinggi.

🍃🍃🍃🍃🍃

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *